Bank Indonesia & Kopi

Berawal dari kecintaan yang mendalam terhadap kopi Nusantara, Bank Indonesia menginisiasi berbagai macam kegiatan berskala lokal maupun nasional dengan melibatkan UKM Binaan dari BI di beberapa kantor wilayah. Dan di tahun 2019 ini, untuk pertama kalinya BI menyelenggarakan “Festival Kopi Nusantara di Kota Tua” yang menjadi ajang pameran dan juga ajang bisnis, yang ditujukan bagi masyarakat pecinta kopi dan pelaku industri kopi.

Ragam acara sudah kami siapkan. Mulai dari pameran dan bazar kopi yang berasal dari 15 provinsi, demo seduh kopi, kontes barista, sampai dengan alunan musik di panggung hiburan. 

Berlokasi di Kawasan Kota Tua Jakarta yang menjadi simbol sentra niaga di era kolonial, “Festival Kopi Nusantara” akan menjadi ajang tahunan para pelaku industri kopi dan penikmat kopi Nusantara, sambil menikmati nuansa yang berbeda.

Kegiatan “Festival Kopi Nusantara” adalah sebuah kolaborasi kental antara Bank Indonesia, Indonesian Tourism Information Center (ITIC), Pemda DKI Jakarta, dan berbagai pihak lainnya. Diharapkan penyelenggaraan “Festival Kopi Nusantara” dapat menambah geliat industri kopi Nusantara dan mengangkat derajat kopi Nusantara di kancah nasional dan internasional.

Sambutan

Salam Kental Kopi Nusantara,

Indonesia telah dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas di dunia. Bahkan dari segi jumlah produksi, Indonesia berada di posisi ke-4 terbesar di dunia.

Saat ini, kopi telah menjadi gaya hidup kaum urban Indonesia. Menjamurnya kafe-kafe yang menjajakan minuman maupun kemasan kopi dapat meningkatkan konsumsi minuman hasil olahan biji kopi nasional. Selain menaikkan nilai jual, munculnya kedai-kedai tersebut juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif dari komoditas kopi, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

“Festival Kopi Nusantara di Kota Tua” adalah bentuk kecintaan kami terhadap industri kopi Indonesia, dimana masyarakat dapat mengenal lebih banyak lagi ragam kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini adalah sebuah kolaborasi kental antara Bank Indonesia, Indonesian Tourism Information Center (ITIC), Pemda DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata, BEKRAF, dan banyak pihak lainnya. Diharapkan penyelenggaraan “Festival Kopi Nusantara di Kota Tua” dapat menambah geliat industri kopi Nusantara dan mengangkat derajat kopi Nusantara di kancah nasional dan internasional.

Sampai Jumpa di “Festival Kopi Nusantara di Kota Tua”!

Hamid Ponco Wibowo
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta